Kamis, 03 Mei 2012

Jangan Biarkan Anak Melamun!


Jika melihat anak Anda sering melamun, jangan anggap itu hanya masalah kecil atau sebatas konsentrasinya tidak fokus. Tapi melamun bisa disebabkan berbagai faktor dan untuk mengetahuinya perlu pendekatan dari orang tua.


"Melamun belum tentu berhubungan dengan konsentrasi, tapi bisa saja karena anak tidak tertarik dengan apa yang dia ikuti atau pelajari di sekolah. Atau bisa jadi situasi hatinya sedang tidak enak," ujar Dr. Lucia RM Riyanto, Psikolog dalam satu acara di Jakarta akhir pekan lalu.

Menurut Lucia, anak melamun karena tidak suka dan bosan dengan pelajaran atau tak suka cara guru mengajarkan di sekolah. Bisa saja, guru yang mengajarkan tidak paham mengajarkan sambil bermain, padahal anak-anak yang masih berusia 5 tahun akan mudah bosan.

Faktor lain, tambah Lucia, bisa jadi karena suasana hati di anak sedang tidak enak. Misalnya, baru kehilangan orang yang dia cintai di keluarga, padahal mereka sangat dekat. Kehilangan seperti ini bagi anak kecil sangat berpengaruh terhadap psikologis seorang anak.

"Untuk itu kepada seluruh orang tua sebaiknya peka dengan perubahan dalam diri anak Anda. Kalau terjadi hal seperti ini, khususnya karena suasana hati tidak enak, pendampingan dari orang tua sangat penting," tegas Lucia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar